Peneliti     Keyword     Tahun

Kedokteran | Kedokteran Gigi | Hukum | Ekonomi & Bisnis | Farmasi | Kedokteran Hewan | I Sosial & I Politik | Fakultas Sains dan Teknologi | Kesehatan Masyarakat | Psikologi | Ilmu Budaya | Keperawatan | Perikanan dan Kelautan |

Penelitian

Budi Laraswaty, dr., Sp.Rad.

Fakultas Kedokteran / Departemen Radiologi

Tim Peneliti :

  1. Budi Laraswaty
  2. Hari Basuki Notobroto
  3. Dr.martha Andri H.s --> Peneliti Utama

Tahun : 2010

Halaman Naskah : 0 halaman

Sumber Dana :

Besaran Dana : 0

SK. Penetapan :

Publikasi : :

Kategori Penelitian : Kesehatan

Posting : 07-02-2012

Visitor : 4060


Download Article : PDF 3365 byte.


Title :

GAMBARAN USG KEPALA NEONATUS YANG LAHIR MELALUIPERSALINAN DENGAN TINDAKAN DIINSTALASIRAWAT DARURAT RSU DR SOETOMO SURABAYA

Author : Budi Laraswaty, dr., Sp.Rad.


Year : 2010

Abstact :

Pendahuluan : Sonografi berperan dalam skrining untuk mendiagnosis kelainan otak kongenital, pendarahan intrakranial dan untuk memfollow-up pendarahan intrakranial pada neonatus, baik sebagai diagnosis awal maupun untuk follow-up bayi-bayi dengan hidrocephalus. Sonografi dapat digunakan untuk mendiagnosis trauma hipoksik/iskemik meskipun relatif tidak sensitif dalam fase akut. Gangguan iiri mengakibatkan penyakit neurologik yang signifikan dan disabilitas pada anak-anak dan remaja. Komplikasi pada persalinan dengan tindakan yang perlu diperhatikan ialah terjadinya fraktur pada tengkorak dan perdarahan di dalam tengkorak dengan segala akibatnya, edema cerebri dan cephalhematoma.

Tujuan : mengetahui basil pemeriksaan USG kepala neonatus yang lahir melalui persalinan dengan tindakan, di Instalasi Rawat Darurat RSU dr. Soetomo Surabaya selama periode Januari - Juni 2009.

Materi dan Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif desain cross sectional. Sampel diambil secara total dari populasi yaitu neonatus yang lahir melalui persalinan dengan tindakan yang dimintakan pemeriksaan USG kepala ke bagian radiologi IRD RS dr Soetomo Surabaya pada bulan Januari sampai Juni 2009. Pemeriksaan USG kepala dilakukan di Instalasi Rawat Darurat RS dr Soetomo (ruang radiologi dan NICU lantai 2) Surabaya.. Hasil : Dari iiasil penelitian 51 bayi lahir melalui persalinan dengan tindakan, yang dimintakan pemeriksaan USG kepala di bagian radiologi Instalasi Rawat Darurat RS Dr Soetomo Surabaya, pada periode Januari-Juni 2009 didapatkan : 54% laki-laki, 75% dilakukan pemeriksaan pada hari saat kelahiran sampai hari ke dua setelah kelahiran, 66,67% bayi lahir aterm, 54,90% bayi mempunyai berat badan lahir >2500 gram, 56,86% bayi lahir dengan sectio caecaria dan 72,55% dari hasil pemeriksaan USG kepala tidak didapatkan kelainan.

Kesimpulan : Pada penelitian ini jenis tindakan persalinan, pada vacum ekstraksi tidak didapatkan kelainan pada 12 bayi (57,14%), edema cerebri 2 bayi (9,52%) dan cephalhematom 7 bayi (33,33%). Semua bayi yang lahir dengan forcep tidak ditemukan kelainan. Pada manual aid ditemukan hidrocephalus pada 1 bayi (50%) dan cephalhematom 1 bayi (50%). Pada sectio ceasaria didapatkan gambaran normal sebanyak 23 bayi (79%), hydrocephalus ada 2 bayi (6,89%) edema cerebri 3 bayi (10,34%) dan cephalhematom pada 1 bayi (3,44%).

Berdasarkan usia kehamilan, pada neonatus aterrm sebanyak 24 bayi (61,53%) dan neonatus prematur 13 bayi (86,66%) tidak didapatkan kelainan pada pemeriksaan USG kepala

USG kepala sangat penting dilakukan untuk melihat struktur anatomi kepala dan memprediksi perkembangan bayi selanjutnya, Perlu follow up pemeriksaan USG yang disesuaikan dengan perkembangan bayi.


Keyword : USG kepala neonatus, persalinan dengan tindakan ,


List Article :

Related Article :

Visit Artikel : 22.975.083

Visit Website : 19.800.620

Google Scholar