Peneliti     Keyword     Tahun

Kedokteran | Kedokteran Gigi | Hukum | Ekonomi & Bisnis | Farmasi | Kedokteran Hewan | I Sosial & I Politik | Fakultas Sains dan Teknologi | Kesehatan Masyarakat | Psikologi | Ilmu Budaya | Keperawatan | Perikanan dan Kelautan |

Penelitian

Dr. H. Budi Utomo, dr., M.Kes.

Fakultas Kedokteran / Departemen

Tim Peneliti :

  1. Budi Utomo --> Peneliti Utama

Tahun : 2011

Halaman Naskah : 75 halaman

Sumber Dana : Mandiri

Besaran Dana : 5500000

SK. Penetapan : Mandiri

Publikasi : :

Kategori Penelitian : Kesehatan

Posting : 05-01-2012

Visitor : 5580


Download Article : PDF 3461 byte.


Title :

UJI KOMPARASI SKOR PENGETAHUAN KARTU SKOR POEDJI ROCHJATI (KSOR) DENGAN METODE CERAMAH INTERAKTIF DAN SIMULASI PERMAINAN

Author : Dr. H. Budi Utomo, dr., M.Kes.


Year : 2011

Abstact :

I Putu Yupindra., S.Ked, Bayu Antara Hadi., S.Ked, Alifia Rifki Rimanda., S.Ked, Maureen Victoria K., S.Ked, Putri Sakti Dewi P., S.Ked, Arie Rozzaqi N., S.Ked,

Dr. Budi Utomo., dr, M.Kes.

Sampai saat ini angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi. Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia berdasarkan hash Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007 terdapat 228 per 100.000 kelahiran hidup (KH), dan tahun 2008 terdapat 307 per 100.000 KH.

Angka kematian ibu yang masih tinggi dapat dicegah dengan upitya penyuluhan secara pro-aktif tentang faktor risiko pada setiap ibu hamil selama perawatan kehamilannya sampai hamil cukup bulan. Hasil survei di dusun Pedes, desa Lebak Rejo, Kecamatan Purwodadi didapat bahwa tingkat pemahaman penduduk desa tersebut terhadap kehamilan risiko tinggi belum baik (74,1%). Kartu Skor Poedji Rochjati dapat digunakan untuk deteksi dini tingkat risiko yang ada pada ft hamff sehingga petugas kesehatan dapat mem6erfkan pengaratan antisipasi agar pada saat proses persalinan tidak membahayakan ibu dan bayi. Pengetahuan mengenai KSPR diperlukan oleh penduduk desa tersebut untuk dapat mengenali faktor-faktor risiko dalam kehamilan.

Penelitian ini membahas perbedaan skor pengetahuan KSPR dengan metode ceramah dan simulasi permainan pada wanita pasangan usia subur di dusun Pedes. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental, yaitu pre and post test group design. Sebanyak 60 wanita pasangan usia subur diteliti. Data berupa kuisioner pre dan post test yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T berpasangan dan tidak berpasangan. Uji T berpasangan untuk menganalis rata­rata-rata skor pengetahuan wanita pasangan usia subur sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah interaktif dan bermain. Uji T tidak berpasangan untuk menganalisis rata-rata skor pengetahuan wanita pasangan usia subur sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah interaktif dan bermain.

Hasil: 1) ada perbedaan skor pengetahuan tentang KSPR dengan metode ceramah dan simulasi permainan pada wanita pasangan usia subur di dusun Pedes, Desa Lebak Rejo (p:0,003<0,05). 2) ada peningkatan pengetahuan yang bermakna antara sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah dan simulAsi permainan (p:0,000<0,05), skor pengetahuan tentang KSPR dengan metode simulasi permainan lebih baik daripada dengan metode ceramah dimana pada kelompok ceramah mengalami peningkatan sebesar 19,67 dan kelompok bermain sebesar 33,83.

Saran: 1). persiapan yang belum matang Berta kemampuan peneliti dalam penguasaan statistik dan instrumen penelitian sangat diperlukan untuk hasil yang lebih baik. 2). penyuluhan pada wanita pasangan usia subur lebih baik dilakukan dengan metode simulasi permainan. 3). pihak pejabat desa diharapkan member dukungan dengan membuat program penyuluhan sehingga petugas kesehatan dapat berperan aktif dalam mengedukasi dan mengontrol kehamilan para wanita pasangan usia subur.


Keyword : Kartu Skor Poedji Rochjati, Kehamilan Risiko Tinggi, Ceraiinah, Simulasi Permainan.,


List Article :

Related Article :

Visit Artikel : 22.635.510

Visit Website : 19.286.166

Google Scholar